NISSAN GT-R |
Nissan GT-R adalah mobil sport yang dibuat oleh Nissan, dikeluarkan di Jepang pada 6 Desember 2007, Amerika Serikat pada 7 Juli 2008, dan seluruh dunia pada Maret 2009.
Nissan GT-R merupakan mobil sport terbaru yang dibuat di Jepang dan
menggunakan mesin V6 Twin-Turbo, dan merupakan penerus dari jajaran
Nissan Skyline GT-R
.1. Sejarah
Nissan Skyline GT-R
Antara tahun 1969 hingga 1974, dan antara tahun 1989 hingga 2002,
Nissan mencoba memproduksi versi performa yang lebih tinggi dari jajaran
Skyline yang kemudian disebut sebagai Nissan Skyline GT-R.
Sama seperti Skyline GT-R sebelumnya, Nissan GT-R merupakan mobil sport
berpenggerak empat roda dan menggunakan mesin 6 silinder twin-turbo,
dan "darah" dari Skyline GT-R terlihat jelas dari desain lampu
belakangnya yang membulat. Bedanya, walaupun masih memakai mesin 6
silinder twin-turbo, mesin Skyline GTR yang legendaris, RB26DETT, telah
diganti dengan mesin VR38DETT yang berkonfigurasi V serta dengan isi
slinder yang lebih besar, yaitu 3.800 CC (dimana sebelumnya, RB26DETT
mempunyai kapasitas 2.600 CC).
Nissan GT-R, walaupun tidak lagi mencantumkan nama "Skyline" lagi,
masih termasuk dalam generasi penerus mobil sport Nissan Skyline GT-R,
dan oleh sebab itu juga, kode sasisnya CBA-R35 (DBA-R35 untuk model
2013), atau biasa disebut R35, dan oleh sebab itu juga, mobil ini sering
dipanggil oleh sebutan yang aslinya dipersembahkan untuk Nissan Skyline
GT-R BNR32, yaitu "The Godzilla".
2. Model Konsep
2 model konsep terhadap Nissan GT-R pernah ditampilkan di beberapa
acara motor show dan beberapa video game. Konsep yang pertama
ditampilkan di Tokyo Motor Show tahun 2001 dan ditampilkan di video game
buatan Poliphony Digital, Gran Turismo 4.
Konsep yang kedua, atau yang dikenal dengan sebutan Nissan GT-R Proto,
ditampilkan di Tokyo Motor Show tahun 2005, dan ditampilkan di video
game buatan EA, Need For Speed Pro Street.
3. Produksi
Versi resmi Nissan GT-R ditampilkan pada acara 2007 Tokyo Motor Show,
dan dilansir di Jepang pada 6 Desember 2007. Di Indonesia Nissan GT-R
secara resmi diluncurkan pada 7 Juli 2008. Karena mesin dan sistem
transminsinya merupakan buatan tangan pekerja terlatih, produksi Nissan
GT-R dibatasi menjadi 1000 unit per bulan.
4. Spesifikasi
Mesin VR38DETT |
Nissan GT-R menggunakan mesin VR38DETT, 3.799 cc (3.8 L; 231.8 cu in) DOHC V6. Dua turbocharger paralel buatan Ishikawajima-Harima Heavy Industries (IHI) menambah induksi tenaga.
GT-R yang diproduksi tahun 2007 sampai 2010 menghasilkan tenaga 485 PS
(357 kW; 478 hp) pada 6400 rpm dengan torsi 434 lb·ft (588 N·m) pada
3200–5200 rpm. Mesin ini juga memenuhi standar Kendaraan dengan Emisi Ultra Rendah dari California Air Resources Board. Berat kosong 1.730 kg (3,800 lb) atau 1.736 kg (3,830 lb) dengan kantong udara samping dapat tercapai berkat penggunaan sasis baja dan aluminium untuk kap mesin, bagasi, dan pintu. Transmisi dual clutch semi otomatis 6 percepatan yang didesain oleh BorgWarner dipasang di belakang. Transmisi ini dibuat oleh Aichi Machine Industry dan disinergikan dengan sistem ATTESA E-TS untuk menyediakan tenaga bagi seluruh empat roda. Ade tiga mode shift yang dapat dipilih sesuai situasi dan kondisi.
Pada tahun 2010, keluaran tenaga dan torsi mesin ditingkatkan menjadi
390 kW (530 PS; 520 hp) @ 6400 rpm dan 612 N·m (451 lbf·ft) pada
3200–6000 rpm. Model yang diproduksi tahun 2012 ditingkatkan lagi
tenaganya menjadi 404 kW (549 PS; 542 hp pada 6400 rpm dan torsi 628 N·m
(463 lbf·ft) @ 3200–5800 rpm). Di masa depan, tidak tertutup
kemungkinan akan ada versi hibrida dari GT-R.
5. Desain
Shiro Nakamura, kepala desain Nissan, mengatakan bahwa desain Nissan
GT-R terinspirasi dari seri robot raksasa Android. Nakamura juga
menyatakan GT-R adalah mobil unik karena bukan berasal dari salinan
mobil sport yang dirancang di Eropa, melainkan benar-benar mencerminkan
kebudayaan Jepang. Nakamura mencatat bahwa garis persegi dan ventilasi
GT-R dipengaruhi oleh desain robot Robocon. Desainer Nissan Amerika
memahat tiga perempat belakang kendaraan, sementara desainer Eropa
mereka meahat garis atap. Polyphony Digital, pencipta seri video game
balap Gran Turismo, terlibat dalam pengembangan nilai GT-R itu sendiri,
yang telah dikontrak untuk merancang tampilan layar dasbor multifungsi
GT-R.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar